Tips Menggunakan Dispenser Hemat Energi

Sekarang ini jarang sekali ada rumah tangga yang memasak air untuk keperluan minum setiap harinya. Selain tidak praktis, terkadang juga air yang berasal dari pompa air belum tentu bersih sepenuhnya sehingga banyak keluarga yang pasti lebih memilih minum dari air kemasan ataupun isi ulang. Oleh karena itu umumnya rumah memiliki dispenser, baik dispenser yang memiliki pilihan panas, dingin, biasa atau yang hanya memiliki dua pilihan saja.

Semakin banyak pilihan maka semakin besar juga daya listrik yang dibutuhkan. Pastikan juga dispenser ini mempunyai 2 thermostat yang akan mengoptimalkan pendinginan. Dengan adanya thermostat ini Anda dapat mengatur suhu dingin air yang Anda inginkan, sehingga kerja dispenser Anda pun tidak berat karena harus mendinginkan air di suhu tertentu saja. Dilengkapi dengan sakelar on/off terpisah untuk air panas dan air dingin, sehingga jika tak diperlukan Anda bisa mematikan sakelar ini.

Jika Anda sudah memiliki lemari es, Anda tak perlu lagi membeli dispenser yang memiliki fitur air dingin. Sebaliknya, jika Anda jarang menggunakan air panas, Anda tak perlu lagi membeli dispenser yang memiliki fitur air panas. Sebagai perbandingan, dispenser yang memiliki fitur air panas saja, daya listriknya berkisar 350 watt, sementara dispenser yang punya fitur lengkap (panas dan dingin) daya listriknya 450 watt.

Sekarang ini juga sudah banyak tersedia dispenser dengan watt rendah, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan dispenser Ada dispenser yang dilengkapi dengan pengatur suhu, ada yang tidak. Harga dispenser yang memiliki pengatur suhu lebih mahal, namun energi yang dipakainya lebih sedikit dibanding yang tidak, karena besarnya suhu dapat diatur sesuai kebutuhan.

Pada dasarnya, energi listrik yang dikeluarkan antara suhu satu dengan lain (misalnya 800 dengan 900) adalah sama, namun semakin tinggi suhunya, maka waktu yang diperlukan untuk memanaskan pun semakin lama. Jadi sebaiknya, tanyakan dulu kepada petugas, suhu dispenser yang akan Anda beli, dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda cukup dengan suhu 800, kenapa harus beli dispenser bersuhu 900?

Dispenser dibutuhkan untuk membuat air minum yang hangat dan panas. Minuman yang hangat biasanya dibutuhkan untuk membantu menghilangkan capek ketika pulang kerja. Tidak nyaman jika sedang ingin membuat minuman hangat listrik padam. Karena itu dibutuhkan sebuah genset yang berguna sebagai sumber listrik cadangan. Jika ingin mendapatkan genset harga murah dapat membelinya di suplier resmi genset silent 750 kva di Jogja. Salah satu suplier resmi genset silent di Jogja adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon untuk setiap unit pembelian baru.