Tips Hemat Listrik dengan Lemari Es

Lemari es merupakan salah satu peranti penting yang sudah pasti terdapat di setiap rumah. Mengingat penggunaannya selama 24 jam sehari, tentu saja akan lebih bijak jika kita memilih lemari es yang hemat energi. Pilhlah lemari es yang memiliki fitur inverter. Pastikan juga terdapat sakelar hemat energi pada lemari es tersebut. Beberapa merek lemari es menawarkan sakelar hemat energi atau high moisture switch pada produknya. Sakelar ini berfungsi mencegah terjadinya kondensasi ketika cuaca lembap.

Anda bisa menonakti¡annya ketika cuaca kering guna menghemat energi yang digunakan. Perhatikan kebutuhan daya listriknya. Spesifikasi produk dapat Anda lihat di label yang biasanya terdapat di bagian belakang lemari es. Menurut Iwan, untuk rumah dengan daya 1.300 watt sebaiknya pilih lemari es dengan konsumsi daya yang tidak lebih dari 150 watt.

Pastikan lemari es yang Anda pilih berlabel hemat energi, biasanya terdapat logo “Energy Star”. Hal ini berlaku setiap Anda akan membeli peralatan elektronik apa saja. Sesuaikan ukuran lemari es dengan kebutuhan di rumah dan jumlah anggota keluarga.

Perkiraan per orang dihitung 50 liter, maka apabila keluarga Anda terdiri atas 4 orang, belilah lemari es dengan volume 200 liter. Sebaiknya pilih lemari es yang memisahkan lemari pendingin dan freezer. Pada lemari satu pintu (di mana bagian lemari pendingin dan bagian freezer bergabung) daya yang diperlukan lebih besar dibandingkan lemari es dua pintu (di mana bagian lemari pendingin dan bagian freezer memiliki pintu masing-masing).

Jika Anda memiliki lemari es yang bertahan selama belasan tahun di rumah, jangan malah berbangga hati. Lemari es produksi tahun 1990-1992 konsumsi listriknya mencapai 1100kWh, sangat tidak hemat energi. Sementara itu, lemari es yang diproduksi tahun 2008-2010 dengan label Energy Star hanya mengkonsumsi listrik sebesar 500kWh.

Pilih lemari es yang memiliki fungsi defrost. Fitur ini dapat mencegah munculnya bunga es yang biasanya mudah muncul pada lemari es satu pintu. Meskipun lemari es dengan fitur ini memiliki kebutuhan daya listrik yang sedikit lebih besar, namun jika gunungan es sudah terbentuk, lemari es malah akan bekerja lebih keras.

Lemari es merupakan perangkat elektronik rumah tangga yang menggunakan energi listrik selama 24 jam penuh untuk menjaga suhu agar semua makanan dan minuman tetap dalam keadaan baik. ketika listrik sedang padam dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan. Untuk mendapatkan harga genset yang murah bisa membelinya di distributor genset resmi genset silent 500 kva di Malang. Salah satu distributor resmi genset di Malang adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon untuk setiap pembelian unit baru.