Menghadirkan ikon Bawaan Windows di Desktop

Standarnya, Windows 8 yang baru ter-instal di PC atau notebook tidak banyak menampilkan ikon di area desktop. Hal ini menyulitkan sebagian pengguna yang sudah terbiasa untuk mengakses beberapa ikon bawaan Windows, seperti Computer, Network, Control Panel, Recycle Bin, dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara untuk menampilkannya? Caranya sangat mudah, Anda dapat memanfaatkan bantuan layar Desktop Icon Setting.

  1. Klik kanan area desktop di Windows 8 hingga muncul menu konteks dan pilih menu “Personalize”.
  2. Pada layar Personalization yang ditampilkan Windows 8, Anda dapat mengklik menu pilihan “Change desktop icon”.
  3. Beri tanda centang dalam sejumlah boks yang terdapat di bawah bagian “Desktop Icons”. Contohnya, jika Anda ingin menampilkan ikon Network dan Control Panel di desktop, Anda dapat mencentang kedua boks tersebut.
  4. Jika Anda telah selesai memilih ikon-ikon yang akan ditampilkan, tutup layar “Desktop Icon Setting” dengan mengklik tombol “Apply” lalu klik tombol “OK”. Kini, Anda dapat melihat di area desktop telah hadir ikonikon yang telah Anda pilih, dalam hal ini ikon Network dan Control Panel. Selamat mencoba!

Meletakan Folder User Files ke dalam Start Screen

Folder User Files yang ada di dekstop berfungsi untuk membantu pengguna Windows 8 agar dapat dengan cepat masuk ke dalam folder dokumen pribadi miliknya. Agar folder tersebut dapat terlihat di desktop, Anda terlebih dahulu harus mengaktifkannya. Untuk mengaktifkannya, silakan lihat tips “Menghadirkan Ikon Bawaan Windows di Desktop”. Jika folder tersebut sudah ada di desktop, Anda juga bisa memasangnya di dalam Start Screen. Keuntungannya, ketika Anda berada di area Start Screen, Anda bisa langsung mengakses folder tersebut. Untuk menempatkan folder User’s Files ke area Start Screen caranya sangat mudah.

  1. Klik kanan folder User Files (nama folder tersebut akan sama dengan nama user account) yang ada di desktop.
  2. Pilih menu “Pin to Start”. Sekarang, cobalah Anda masuk ke Start Screen dengan menekan tombol [WINDOWS] di keyboard. Di sana akan terlihat jelas keberadaan folder User Files yang telah Anda tempatkan ke dalam Start Screen. Selanjutnya, untuk masuk ke dalamnya, klik ganda folder tersebut. Selamat mencoba!