Rumah

Batu Alam Kenali, Baru Beli

Ingin membeli batu alam untuk rumah Anda? Sebaiknya, kenali terlebih dahulu karakter setiap batu agar tidak salah. Batu alam dipercaya memiliki pesona tersendiri bagi keindahan rumah. Motif dan teksturnya tak hanya memberi kesan alami terhadap tampilan rumah, tetapi mampu mempercantik dan menaikkan citra rumah.

Baca juga : Jual Genset Jakarta

Tak salah, jika banyak orang yang menggunakan batu alam di rumahnya. Masalah yang banyak timbul adalah batu alam yang digunakan berlumut dan berjamur. Masalah ini umumnya terjadi karena kesalahan penempatan batu alam, yang disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan tentang batu alam hingga akhirnya bermasalah.

Untuk itulah, kali ini mengangkat karakter 7 batu alam. Tujuh batu alam ini dipilih karena jenis inilah yang paling diminati pembeli dan paling banyak dijual di pasaran. Inilah penjelasan ke-7 batu alam tersebut, berdasarkan hasil wawawancara dengan Dra. Jua Ishak, pemilik Kuta Batu di daerah Pengeran Antasari, Jakarta Selatan.

Batu Andesit

Karakter Batu ini digolongkan ke dalam jenis batu keras yang memiliki tingkat kepadatan yang tinggi, porositasnya rendah, dan tahan terhadap perubahan cuaca. Batu ini juga tak mudah ditumbuhi lumut.

Aplikasi Karena porositasnya kecil dan lumut sukar tumbuh, batu ini dapat dipakai di interior dan eksterior, seperti pagar rumah, dinding waterwall, jalan setapak di taman, dan dinding rumah.

Ukuran Di pasaran, ukuran yang paling banyak dijual adalah 3cmx20cm, 5cmx20cm, 10cmx10cm, 15cmx20cm, 20cmx20cm, 20cmx40cm, 40cmx40cm. Sedangkan untuk ketebalannya adalah 1,5cm, 2cm, dan 3cm.

Jenis dan Warna Secara umum, batu andesit ini berwarna abu abu. Hanya, ada sedikit sentuhan warna sesuai dengan asalnya, seperti andesit cibereum (abu-abu kemerahan), andesit cipanca (abu-abu muda), andesit gunung haur (abu-abu tua berbintik kasar), andesit cilimus (abu-abu tua berbintik halus), dan andesit sukamandi (abu-abu kehijauan).

Motif Motif batu ini sangat beragam. Ada yang polos, diagonal, alur lurus, alur cacing, alur catur, rata bakar, susun sirih, dan napoli.

Harga Harga batu andesit dipengaruhi oleh ukuran, motif, dan ketebalan batu. Misalnya, untuk batu alam candi motif catur berukuran 15cmx30cmx1,5cm, harganya Rp140.000/ m2. sedangkan andesit motif alur polos berukuran sama, harganya Rp120.000/m2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *